Tujuan
pembelian
Pembelian item yang tepat pada jumlah, harga, dan
saat pengiriman pada tempat tujuan yang tepat. Ketepatan dari sisi:
-
Pengiriman
-
Kualitas
-
Harga yang rendah
-
Pelayanan
-
Hubungan dengan suplier
Aktivitas
Pembelian
Fase dalam proses pembelian:
l
Menyadari kebutuhan dan masalahnya
l
Penetapan karakteristik dan jumlah produk yang di beli
l
Mengembangkan spesifikasi atau diskripsi produk yang diperlukan
l
Pencarian pemasok yang berkualitas
l
Menetapkan dan analisis pemasok
l
Evaluasi usulan dan selsksi proposal
l
Seleksi jalur pemesanan
l
Penilaian kinerja dan evaluasi pasca pembelian
Tipe
– Tipe Pembelian
lPembelian
baru
- Perusahaan baru pertama kali membeli
l Perubahan pemasok
- Perusahaan tidak puas dengan kinerja pemasok yang sekarang sehingga mengganti pemasok untuk pembelian produk yang sama
l Pembelian ulang
- Organisasi/perusahaan memerlukan pembelian produk secara berkelanjutan
- Perusahaan baru pertama kali membeli
l Perubahan pemasok
- Perusahaan tidak puas dengan kinerja pemasok yang sekarang sehingga mengganti pemasok untuk pembelian produk yang sama
l Pembelian ulang
- Organisasi/perusahaan memerlukan pembelian produk secara berkelanjutan
Teknik
Pembelian
a. Pembelian cara biasa
Cara pembelian ini adalah cara pembelian konvensional yang ditempuhdalam kegiatan pembelian untuk memenuhi kepeluan biasa,. Rutin, atau pembelian yang direncanakan atau tidak direncanakan jauh hari sebelumnya, yaitudengan menggunakan surat pesanan.
a. Pembelian cara biasa
Cara pembelian ini adalah cara pembelian konvensional yang ditempuhdalam kegiatan pembelian untuk memenuhi kepeluan biasa,. Rutin, atau pembelian yang direncanakan atau tidak direncanakan jauh hari sebelumnya, yaitudengan menggunakan surat pesanan.
b.Pesanan selimut
Pesanan selimut atau blanket order atau blanket purchase ordrermendasarkan pesanan atau pembelian persatuan pasti selama waktu tertentu.
Pesanan selimut atau blanket order atau blanket purchase ordrermendasarkan pesanan atau pembelian persatuan pasti selama waktu tertentu.
c.Pembelian atas dasar konsinyasi
Dalam cara konsinyasi ini, pembeli tidak menenggung resiko financial ataspentediaan barang yang dibeli. Yang memiliki barang selama belum dipakai olehpembeli adalah penjual.
Dalam cara konsinyasi ini, pembeli tidak menenggung resiko financial ataspentediaan barang yang dibeli. Yang memiliki barang selama belum dipakai olehpembeli adalah penjual.
d.Pembelian
tepat waktu.
Pada teknik ini yang pertama kali dilakukan adalah membatasi jumlahpemasok dengan menyeleksi penjual. Pada teknink ini pembelian harus tepatwaktu dan mutunya harus terjamin karena pembelian ini berusaha meniadakanpersediaan.
Pada teknik ini yang pertama kali dilakukan adalah membatasi jumlahpemasok dengan menyeleksi penjual. Pada teknink ini pembelian harus tepatwaktu dan mutunya harus terjamin karena pembelian ini berusaha meniadakanpersediaan.
e.Sistem kontrak
Sistem kontrak merupakan variasi dalam pembelian tepat waktu. Dalampembelian jenis ini, teknik pembelian ditekankan pada pembelian dan pengisisankembali persediaan barang yang keperluannya berulang dengan mengurangi biayadan waktu administrasi.
Sistem kontrak merupakan variasi dalam pembelian tepat waktu. Dalampembelian jenis ini, teknik pembelian ditekankan pada pembelian dan pengisisankembali persediaan barang yang keperluannya berulang dengan mengurangi biayadan waktu administrasi.
f.Cara-cara
lain
1. pesanan telepon
2. pesanan secara elektronik
3. wesel perintah pembelian
4. pembelian kas kecil
5. pembelian dengan kartu kredit
6. pembelian secara terus menerus
Buying Center
Buying centre merupakan kumpulan individu atau
kelompok yang berpartisipasi dalam keputusan pembelian
Tugas buying centre sebagai:
1. Inisiator
2. Pembeli
3. Pengguna
4. Orang
yang berpengarih pengambil keputusan
5. Gatekeepers
Anggota buying center
1. Top
manajer
2. Pakar
( orang bagian teknik dan fungsional)
3. Pembeli
4. Orang
dari bagian keuangan
5. Orang
dari bagian pemasaran
The
Webster and Wind model & The Sheth model
Variabel lingkungan:
· Fisik, Teknologi, Ekonomi
·Politik ,hukum, Budaya
·Permintaan konsumen
·Praktek persaingan dan tekanan
·Informasi pemasok
· Fisik, Teknologi, Ekonomi
·Politik ,hukum, Budaya
·Permintaan konsumen
·Praktek persaingan dan tekanan
·Informasi pemasok
Variabel organisasi:
· Tujuan dan Struktur organiasi,
·Prosedur dan kebijakan pembelian
· Sistem evaluasi dan imbalan
·Tingkat desentralisasi dalam pembelian
· Tujuan dan Struktur organiasi,
·Prosedur dan kebijakan pembelian
· Sistem evaluasi dan imbalan
·Tingkat desentralisasi dalam pembelian
Variabel buying centre
·Otorisasi, pengukuran
·Pengaruh kunci
·Hubungan antar pesonal dan komunikasi
·Otorisasi, pengukuran
·Pengaruh kunci
·Hubungan antar pesonal dan komunikasi
Keputusan pembelian organisasional
·Pemilihan pemasok
·Keputusan penundaan dan pencarian informasi
·Membuat, menyewa atau membeli
·Tidak membeli
·Pemilihan pemasok
·Keputusan penundaan dan pencarian informasi
·Membuat, menyewa atau membeli
·Tidak membeli
Variabel individu
·Tujuan personal, Pendidikan
·Pengalaman dan keahlian
·Nilai, Posisi dalam pekerjaan
·Gaya hidup dan Pendapatan
·Tujuan personal, Pendidikan
·Pengalaman dan keahlian
·Nilai, Posisi dalam pekerjaan
·Gaya hidup dan Pendapatan
Aktivitas
Pembelian saat ini
1. Just
in time delivery
2. Oursourching
3. Singe
sourching
4. Value
analysis
5. Buying
committee
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar